Tips Bisnis


Setiap orang ingin berbisnis, baik itu usaha kecil-kecilan maupun besar. Apapun bisnis yang dijalani ada beberapa hal yang perlu menjadi dasar sebelum dan selama menjalankan usaha itu. Berikut ini tips atau bisa juga sebagai motivasi yang seharusnya menjadi pedoman:

Merencanakan Dengan Cerdas dan Bijaksana. Ini mengenai bagaimana merespon peluang bisnis yang akan dijalani. Jangan terlalu mudah tergiur dengan hitungan-hitungan keuntungan yang besar karena kebanyakan akan menjerumuskan kedalam permasalahan yang besar. Bisnis itu tidak mudah dan juga tidak sulit, tergantung dari individu masing-masing dalam menerapkan konsistensi serta tanggungjawab. Oleh karena itu mengatur rencana, melakukan penjajakan, dan membuat perhitungan terhadap konsekuensi-konsukuensi yang akan dihadapi jika menjalankan sebuah peluang bisnis merupakan dasar awal yang harus dilakukan. Tips Bisnis

Tidak Mudah Putus Asa. Setiap orang pasti pernah terpuruk dalam menjalankan suatu bisnis, tapi hal itu bukan menjadi alasan untuk menyerah dan mencoba ke bisnis lainnya. Kegagalan sebaiknya dijadikan pembelajaran, karena kesuksesan diperoleh dari rentetan kegagalan. Itu tidak hanya berlaku hanya pada bisnis saja, tapi terhadap semua aspek kehidupan. Jadikan kegagalan sebagai motivasi dan sugesti agar tetap semangat menjalankan usaha.

Meningkatkan Kualitas. Dalam menjalani hidup setiap orang harus selalu meningkatkan kualitas dengan memperbanyak pengetahuan dan memperluas jaringan pertemanan. Demikian juga dalam berbisnis, seseorang juga harus meningkatkan pengetahuan dan berinovasi agar produk yang dihasilkan mempunyai kualitas yang terjaga serta berkembang menjadi lebih baik. Selain itu juga memperluas jaringan kerja dengan mengenal banyak orang, semakin banyak relasi akan memudahkan untuk mendapatkan ide dalam mengembangkan usaha.

Kesabaran dan Telaten. Tidak ada yang mudah dalam meraih suatu keinginan karena banyak proses yang harus dilalui. Keinginan untuk mendapatkan kesuksesan dengan cepat tanpa harus repot dengan kendala-kendala memang menjadi impian setiap orang, tapi hal itu saya katakan relatif bisa didapatkan, ya.. mungkin faktor keberuntungan saja. Yang jelas, menerapkan sistem instan akan mendorong seseorang untuk melakukan hal-hal diluar kewajaran dan cenderung ilegal. Selain itu juga kesuksesan yang didapatkan tidak bertahan lama diakibatkan proses-proses model jalan pintas.

Pahami Kemampuan Pribadi. Setiap orang punya batasan-batasan dalam melakukan aktifitas, terutama dalam bisnis. Diluar sana banyak sekali peluang bisnis yang bisa dijalankan, tetapi jika serakah dan tidak bisa mengimbangi dengan kemampuan maka bukannya mendapatkan keuntungan tapi kehancuran, bahkan usaha awal yang menjadi sumber penghasilan utama bisa ikut-ikutan jatuh karena tenaga dan pikiran sudah habis terbagi oleh bisnis-bisnis lainnya. Oleh karena itu bijaksanalah dalam menjalankan bisnis, tidak semua peluang yang bagus akan menguntungkan.

Berbagi Itu Indah. Jangan berubah jadi pelit jika telah meraih kesuksesan. Berbagilah pengetahuan, pengalaman, bahkan keuntungan yang selama ini didapatkan dengan orang lain. Ini semacam simbiosis mutualisme alias saling menguntungkan karena dengan berbagi maka orang lain merasa dibantu, dan sekali waktu mereka juga akan balik membantu. Seperti layaknya roda kehidupan, kesuksesan tidak akan selalu terus diatas tapi sekali waktu pasti akan berada dibawah.

Tulisan diatas itu mungkin pernah atau sering anda baca walau beda kalimatnya. Apapun motivasi yang pernah dibaca akan tetap menjadi sebuah teori jika tidak dipraktekan sendiri. Kesuksesan dalam meraih keinginan hanya didapatkan dengan bertindak, bukan hanya dibaca. Semoga tulisan diatas bisa bermanfaat.


7ads6x98y