Strategi Gerilya Dalam Bisnis


Tidak hanya militer saja yang melakukan strategi perang gerilya, tetapi dunia usaha juga membutuhkan itu untuk meraih pasar yang signifikan. Saat ini banyak sekali konten promosi mulai dari tulisan, gambar, video untuk media pemasaran konvensional maupun digital.

Butuh biaya yang bervariasi guna memasarkan suatu produk barang maupun jasa dan hasilnya pun terkadang tidak bisa diprediksikan karena sifat pasar adalah dinamis. Oleh sebab itu mari kita menggunakan cara marketing gerilya untuk mengetahui minat orang agar bisa menguasai pasar.

Strategi marketing harus inovatif dan murah, gagasan ini memang telah lama dilakukan oleh beberapa pelaku bisnis internasional maupun nasional bahkan menjadi dasar pemasaran umum. Taktik gerilya ini yang dimaksud adalah untuk mendapatkan segala informasi tentang perilaku pasar. Identifikasi yang perlu didapatkan antara lain:

  • Mengetahui pola pikir dan perilaku konsumen
  • Inovasi terhadap produk agar diminati pembeli
  • Melihat potensi pesaing pada kategori produk yang sama
  • Ide mendapatkan peluang pemasaran menggunakan berbagai media

Identifikasi diatas diperlukan untuk mendapatkan keputusan yang cepat dan tepat agar bisa maksimal menguasai pasar. Baiklah sekarang kita urai satu persatu metode gerilya pemasaran diatas.

Strategi Gerilya Dalam Bisnis

Keinginan dan Perilaku Pembeli
Pembeli pada umumnya ingin mendapatkan barang bagus dengan harga murah, oke lah itu umum dan Anda pun pasti ingin seperti itu juga maka kita abaikan kategori konsumen seperti itu. Sekarang ambil kategori pembeli ingin suatu produk dalam kemasan yang aman dan ringan, satu poin telah didapatkan.

Selanjutnya pembeli ingin mendapatkan lebih dari barang yang dibeli tanpa harus menambah biaya, masukkan itu menjadi poin untuk memberikan reward kepada konsumen berdasarkan jumlah produk yang dibeli atau nominal total.

Sebenarnya masih banyak lagi identifikasi untuk bisa memberikan nilai lebih pada produk kita agar disukai oleh pasar. Selebihnya tentu datangnya dari ide dan kreatifitas Anda sendiri sebagai pelaku bisnis untuk mendapatkan produk inovatif dengan metode pemasaran kreatif.

Inovasi Produk
Ini sangat penting karena perjalanan waktu akan selalu mengubah pola pikir dan minat seseorang terhadap apapun termasuk produk di pasaran. Oleh sebab itu pemilik usaha harus selalu gerilya untuk mendapatkan informasi lengkap di lapangan.

Inovasi bisa apa saja, mulai dari penampilan, rasa, kemasan, keamanan, bahan, hingga harga jual menjadi daya tarik bagi orang-orang yang notabene adalah para calon pembeli potensial. Sepertinya sepele, namun hal sepele itu akan mengubah cara pandang orang terhadap produk yang Anda miliki apalagi diluar sana banyak pesaing dengan produk yang sama.

Intai Para Pesaing
Inovasi dan ide untuk meningkatkan produk tidak hanya datang dari diri sendiri tetapi juga terdapat peran dari luar yaitu kompetitor bisnis. Anda akan berinovasi lamban jika tidak punya pesaing, lain halnya jika ada banyak kompetitor maka Anda akan selalu dipacu untuk kreatif agar bisa lebih unggul dibanding “lawan” bisnis.

Anda bisa melakukan kajian dari hasil gerilya di lapangan guna mendapatkan rahasia atau trik pemasaran para kompetitor. Ambil satu yang sekiranya keren kemudian ramu dengan inovasi Anda sendiri agar mendapatkan metode yang berbeda namun memiliki potensi kekuatan besar untuk meraih simpati pasar.

Aktif Menggunakan Media Promosi
Untuk meraih sukses dalam mendapatkan simpati pasar tentu saja Anda harus melakukan promosi “gila-gilaan” agar produknya bisa lebih dikenal secara luas. Mengacu soal biaya murah untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka Anda jangan terlalu ribet dengan marketing konvensional.

Manfaatkan teknologi sekarang yang sudah sangat “meriah” digunakan orang bahkan menjadi suatu kebutuhan sehari-hari. Media sosial di internet menjadi sarana murah dan cetar membahana jika digunakan secara cerdas dan kreatif.

Coba bandingkan dengan cara jadul, ketika Anda menginginkan semakin luas jangkauan pemasaran maka biaya yang harus dikeluarkan juga makin banyak. Transportasi, promosi cetak, gaji pegawai, dan masih banyak lagi yang perlu Anda pikirkan sampai pusing.

4 strategi gerilya diatas cakupannya sangat luas sekali sehingga bisa dimanfaatkan untuk apapun serta kapanpun. Kemahiran dalam mendapatkan segala informasi pasar akan menjadi keuntungan bagi Anda sendiri. Tetap kreatif dan terus berinovasi, jangan loyo atau mewek ketika mendapatkan kendala karena semua itu adalah hal biasa. Kalau mau sukses harus berani stres…SELAMAT BERJUANG!