Menjadi Orang Sukses Yang Sebenarnya


Menjadi Orang Sukses Yang SebenarnyaSukses tidak bisa diraih secara mudah, semua membutuhkan proses yang penuh dengan rintangan masalah. Untuk menjadi wirausahawan yang berhasil harus bisa berpikir secara sederhana, luas, cerdas, dan tentu saja bijaksana. Banyak motivasi yang diberikan agar bisa menjadi seorang pengusaha sukses, oleh karena itu kali ini kami dari InginBisnis.com akan mengupas semua hal yang dibutuhkan oleh pelaku bisnis agar bisa meraih segala cita-cita berhasil dalam menjalankan usahanya.

Strategi Yang Tepat
Seseorang yang terjun dalam dunia bisnis harus bisa menganalisa, menyimpulkan, membuat rencana, dan kemudian melaksanakannya dengan cerdas. Tidak semuanya harus dimulai dari hal yang rumit, tetapi mulailah dari yang sederhana dalam mengelola sebuah usaha. Setiap peluang bisnis harus bisa dimanfaatkan dan dieksekusi secara tepat. Terlalu banyak berpikir untuk melakukan sesuatu akan membuat seseorang semakin tertinggal. Tidak ada yang sempurna dari berbagai rencana yang sudah dibuat, maka berpikirlah cepat agar peluang itu tidak terlewatkan begitu saja dan diambil oleh orang lain.

Lebarkan Jaringan
Bisnis itu memerlukan orang lain, tidak ada dalam sejarah satu usaha dikerjakan sendirian dari awal hingga akhir. Rekrut orang-orang yang mempunyai keahlian berdasarkan kebutuhan, bukan mengambil rekanan kerja dengan berdasarkan lembaran-lembaran ijasah dan sertifikat. Bisnis memerlukan kualitas dari sumber daya manusia-nya itu sendiri hingga pada kualitas produk yang dihasilkan.

Informasi Adalah Modal
Memantau semua informasi yang berkaitan dengan bisnis yang sedang dijalaninya itu sangat diperlukan guna mengantisipasi serta menjadi sumber ide baru untuk mengembangkan usahanya. Jangan pernah tertinggal selangkahpun ketika berurusan dengan bisnis karena ketertinggalan itu akan membuat pesaing berada pada posisi yang lebih menguntungkan. Oleh karena itu segala macam informasi bisa menjadi suatu pembelajaran untuk pengembangan bisnis agar bisa terus bertahan dan menguasai pasar.

Cerdas Menggunakan Kesempatan
Terlalu banyak teori dan membuat analisa secara terburu-buru hanya untuk mengejar keuntungan akan bisa menjadi bumerang buruk bagi usahanya itu. Pergunakan teori dasar seperlunya dengan dikombinasikan dengan pengalaman di lapangan sebagai analisa strategi bisnis kemudian menggunakan waktu secara tepat guna melakukan eksekusi rencana tersebut.

Bahagiakan Konsumen
Berikan keuntungan bagi konsumen anda ketika bisnis sudah terlihat stabil. Cara tersebut termasuk dari trik pemasaran guna “mengikat” konsumen agar terus mempergunakan produk yang dihasilkan. Jangan terlalu pelit untuk berbagi dengan orang-orang yang masih dan pernah menjadi pembeli produk anda, karena dari setiap keuntungan penjualan itu dihasilkan dari orang yang jadi pembeli produk tersebut. Gunakan reward atau hadiah bagi konsumen produk anda dengan waktu dan kondisi yang tepat agar kepercayaan terhadap reputasi usaha serta produknya tetap terjaga.

Konsumen itu bukan robot yang akan selalu bisa menerima segala produk yang dia beli dari anda tanpa segudang keluhan, kritikan, dan saran. Berkomunikasilah dengan konsumen secara baik dan manusiawi untuk manfaat bersama. Konsumen yang merupakan pemakai produk itu adalah analis yang sebenarnya, mereka yang mengerti apakah produk tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan. Selain itu juga mereka punya banyak keinginan pada produk tersebut agar bisa lebih mempunyai manfaat ketika dipergunakan. Dari konsumenlah pihak produsen akan mengetahui tentang bagaimana produk yang ditawarkan itu bisa diterima oleh pasar. Keuntungan lainnya produsen memiliki cukup informasi mengenai produk yang harus ditingkatkan kualitasnya sesuai dengan keinginan mayoritas konsumen.

Tanggung Jawab Terhadap Modal Usaha
Pergunakan modal tambahan dari sumber lain terutama hutang modal usaha guna pengembangan bisnis yang diperlukan. Pengalihan fungsi modal pada hal lain yang tidak ada hubungannya dengan usaha yang dijalankan itu akan berdampak buruk pada roda bisnisnya tersebut. Anda tidak mungkin modal usaha diambil beberapa bagian untuk membangun rumah walaupun bagi anda itu merupakan hal yang penting juga. Logika bisnis jangan sampai disusupi oleh pikiran pribadi karena akan mengakibatkan inkonsistensi dalam menjalankan suatu usaha.

Tulisan diatas adalah poin utama yang perlu dijalankan oleh seorang wirausahawan yang ingin dengan mudah meraih sukses. Tapi perlu diingat bahwa tips diatas tergantung dari masing-masing individu yang terkait juga dengan situasi serta kondisi disekelilingnya. Namun secara garis besar menuju puncak sukses itu mudah asal berani menerima konsekuensi bahwa rintangan yang menjadi batu sandungan selama proses menjalankan bisnis harus disikapi dengan baik. Salam Bisnis!