5 Penyebab Gagal Meraih Sukses


5 Penyebab Gagal Meraih SuksesTingkat kebutuhan hidup yang semakin kompleks dan pengangguran yang tinggi mengakibatkan banyak orang mengambil jalan keluar dengan menjalankan berbagai bisnis pribadi. Banyak orang sukses didunia muncul dari tekanan kondisi ekonomi sehingga membuat mereka memunculkan gagasan-gagasan baru dari mulai produk hingga sistem bisnis.

Orang sukses pasti pernah mengalami kegagalan, tapi banyak juga orang lain yang selalu terperosok dalam jurang kegagalan yang terus menerus sehingga membuat frustasi. Secara spesifik kegagalan dalam bisnis mempunyai makna yang sangat luas dan juga ada manfaat yang harusnya bisa diambil menjadi suatu peluang. Salah satu dari anda yang membaca pasti akan mengatakanĀ  “saya sudah berkali-kali belajar dan mencoba tetapi selalu saja tidak pernah merasakan kesuksesan” Nah! Poin utama adalah bagaimana mempelajari kegagalan untuk setiap kesalahan yang pernah dilakukan sebelumnya secara kreatif dan bijaksana?

Kami dari InginBisnis.com yakin bahwa anda sudah seringkali mendengar usaha itu perlu proses panjang, perjalanan yang tidak mudah, banyak rintangan, masalah silih berganti, dan masih banyak lagi. Anda banyak menerimainformasi sebagai motivasi, tetapi terlalu banyak informasi bisa membuat seseorang “keracunan” sehingga tidak fokus dalam usaha mengembangkan bisnisnya tersebut.

Informasi perlu dilakukan penyaringan atau filter agar seseorang dalam menjalankan suatu proses untuk mencapai tujuan sukses tidak terganggu dengan iming-iming keberhasilan yang cepat dengan cara berbeda. Fokus..fokus..dan terus fokus pada satu sistem yang sedang dijalankan, informasi lain harus dipilah sesuai dengan kebutuhan pada saat itu. Hal itu untuk mengindarkan “kekacauan” dengan mempengaruhi pikiran agar setiap kali merubah metode atau cara bisnis sedangkan metode sebelumnya masih dalam proses untuk diketahui hasilnya.

Takut gagal
Alasan utama yang membahayakan seseorang ketika akan menjalankan sebuah bisnis adalah takut pada kegagalan. Secara umum semua orang tidak ingin gagal dan sebisa mungkin mengantisipasi setiap waktu agar tidak terperosok kondisi itu. Namun perlu dipahami gagal itu lumrah dan wajar, layaknya belajar naik sepeda pasti sekali waktu jatuh dan luka. Jika memang anda adalah salah satu orang yang takut mengalami kegagalan sebelum mencoba berarti kesimpulannya tidak siap hidup. Respon kekhawatiran atau ketakutan terhadap kegagalan dengan kreatif, belajarlah dari sejarah orang-orang yang pernah hidup di masa lalu bahwa mereka mengajarkan hal yang sederhana yaitu jika takut gagal maka tidak ada kehidupan pada masa berikutnya.

Ingin Cepat Kaya
Setiap orang pasti punya pikiran seperti diatas yaitu PENGEN CEPET KAYA. Dalam bisnis-pun banyak orang yang punya pemikiran seperti itu, dan itu manusiawi, siapa sih yang tidak mau kaya mendadak? Tapi ingat, dalam kehidupan nyata dalam dunia nyata terutama dunia bisnis tetap ada dasarnya yaitu kerja keras dalam melakukan proses untuk merealisasikan impiannya tersebut. Kadang banyak pelaku bisnis yang menggunakan cara-cara tidak rasional guna menggenjot usahanya itu agar bisa cepat mendapatkan keuntungan banyak.

Keinginan cepat kaya jika tidak diimbangi dengan kreatifitas dan usaha yang nyata maka akan berhenti menjadi suatu impian saja. Ini ada perumpamaan lagi, anda membutuhkan bahan bakar untuk kendaraan, secara logika pasti anda harus mencari tempat pengisian bahan bakar. Tidak mungkin bahan bakar yang tiba-tiba menghampiri anda. Untuk membangun bisnis yang sukses seseorang perlu membuang jauh-jauh pikiran ingin cepat kaya dan lebih fokus pada soal bagaimana membuat bisnis itu berjalan dengan sehat, berkembang, dan bertahan.

Miskin Pengalaman
Banyak para pelaku usaha yang baru terjun di dunia bisnis masih punya banyak kekurangan terutama mengenai pengalaman. Bisnis itu penuh dengan kompetisi yang membutuhkan tingkat pengalaman yang tinggi, namun seseorang tidak perlu harus mempunyai pengalaman dulu baru terjun ke dunia bisnis karena pengalaman bisnis itu didapatkan ketika menjalankan usahanya itu. Sekali lagi ada perumpamaan seperti ini, bagaimana seseorang bisa tiba-tiba punya pengalaman padahal belajar menyetir mobilpun belum pernah? Ada suatu pemikiran bahwa orang yang belum berpengalaman tidak pernah bisa meraih sukses, itu bisa dibenarkan kalau selama masuk ke dunia bisnis orang itu tidak pernah belajar sedikitpun dari segala hal yang menyangkut bisnis itu sendiri. Pengalaman bukan dari teori-teori buku dan kata orang namun didapatkan dari berbagai kesalahan yang dilakukannya sendiri atau oleh orang lain.

Mudah Menyerah
Jika orang punya “hobi” mudah menyerah dan putus asa maupun bosan maka itu adalah yang menjadi sebab susah untuk meraih kesuksesan. Bisnis itu sama dengan kehidupan yang penuh tantangan, dari ringan hingga ekstrim, maka dibutuhkan pekerja yang ulet dan kreatif untuk menemukan solusi dari berbagai permasalahan yang dihadapinya.

Tidak Punya Rencana Bisnis Yang Pasti
Rencana adalah modal utama ketika akan menjalankan sesuatu, ketika orang tidak mempunyai rencana yang matang dan langsung terjun dalam dunia bisnis maka bisa dipastikan langsung tumbang sebelum waktunya. Perencanaan bisnis adalah penting, itu yang menjadikan dasar dalam menjalankan suatu usaha. Ketidakcerdasan dalam melihat peluang dengan ingin cepat-cepat masuk kedalamnya tanpa perhitungan malah bisa menjadikan kerugian yang sangat besar baik soal waktu, biaya, bahkan kesempatan menafaatkan peluang jadi hilang.

Apakah anda masuk dari salah satu 5 alasan kenapa sulit sekali mencapai kesuksesan yang diinginkan? Tidak ada kata terlambat untuk mengubah cara pandang dan pikiran agar bisa lebih berkompentisi di dunia bisnis. Selamat bekerja dan Salam Bisnis!