Trik Pemasaran Endorse


Dunia bisnis tidak bisa lepas dari pemasaran guna meningkatkan penjualan dan tentunya termasuk penghasilan. Banyak cara digunakan oleh perusahaan besar hingga wirausahawan perorangan untuk memikat orang-orang agar memanfaatkan barang maupun jasa yang ditawarkan itu.

Salah satu metode marketing yang bisa dikatakan mengena adalah ENDORSE, yaitu promosi produk menggunakan figur orang terkenal dengan memberikan produk kepada orang tersebut sebagai timbal balik dan menampilkannya di media sosial atau media lainnya.

Endorsing yang paling populer saat ini adalah menggunakan beberapa artis terkenal dan tentunya mau hanya “dibayar” dengan produk untuk ditampilkan di Facebook, Twitter, maupun Instagram. Keuntungan dari si pemilik produk yaitu nilai gengsi barang naik dan tentunya akan mempengaruhi orang-orang terutama penggemar artis tersebut untuk membelinya.

Trik Pemasaran Endorse

Endorsing di tengah kemajuan teknologi dan informasi sekarang ini sebenarnya tidak harus memaksakan diri menggunakan artis untuk dijadikan ajang promosi produk, tetapi bisa menggunakan teman atau orang yang memiliki jumlah pengikut di media sosial dengan tingkat respon aktif dari para pengikutnya.

Contoh kasus begini, Anda kenal dengan seseorang di Facebook/Twitter/Instagram dengan pengikut (follower) ribuan dan aktis mengomentari setiap orang tersebut membuat status apapun. Anda cukup lakukan pendekatan dan jika orang tersebut tertarik berikan dia produk yang dimiliki untuk di promosikan di akun media sosialnya.

Cara diatas adalah endorse sederhana tetapi menguntungkan tanpa harus menggunakan artis terkenal karena yang dibutuhkan adalah pengikutnya yang aktif dan responsif. Ada banyak akun dengan jumlah pengikut hingga jutaan walau bukan artis yang bisa dijadikan sarana promosi produk yang Anda miliki dengan biaya murah.

Tertarik? Daripada hanya dipikir saja mendingan beraksi mencari target untuk dijadikan endorse. Selamat berjuang dan tetap semangat!