Usaha Sampingan Musiman


Usaha Sampingan MusimKali ini kami dari tim Ingin Bisnis menurunkan tulisan yang berkenaan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang sifatnya musiman. Perayaan atau moment yang sifatnya nasional bisa dikatakan mempunyai segudang peluang bisnis seperti halnya Lebaran, Natal, Tahun Baru, liburan sekolah, tahun ajaran baru, dan masih banyak lagi lainnya.

Kondisi yang disebutkan diatas mempunyai sisi peluang usaha sampingan yang memiliki nilai ekonomi cukup lumayan bahkan sangat menguntungkan. Jeli dalam melihat kesempatan menjadikan sebuah nilai tambah tersendiri bagi wirausahawan guna mempersiapkan segala sesuatunya agar pada saatnya tiba usaha tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Usaha sampingan musiman ini juga mempunyai kompetitor yang jumlahnya banyak oleh karena itu dengan perencanaan yang matang dapat menghasilkan suatu produk menarik dan dibutuhkan orang lain dengan manajemen waktu yang baik dan tepat sasaran. Persiapan stok produk barang serta kemampuan yang memadai guna mengantisipasi permintaan pasar yang diluar dugaan termasuk dalam perhitungan penting. Begitu juga dengan kesiapan anggaran dana untuk modal usaha musiman ini harus sudah dari awal dipenuhi agar langkah untuk memenuhi stok produk bisa diantisipasi.

Nah sekarang apa saja peluang bisnis untuk usaha sampingan musiman ini yang menjanjikan keuntungan lebih? Dibawah ini ada beberapa jenis usaha yang bisa dijadikan pertimbangan sebagai pilihan.

Pakaian – Kebutuhan soal baju ketika menjelang perayaan besar nasional atau acara-acara khusus sudah menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat Indonesia. Walaupun dipasaran produk pakaian sudah sangat banyak dengan beragam model tetapi dengan melakukan “penelitian” di lapangan dapat menemukan peluang dengan menghadirkan produk inovasi baru yang bisa menjadi tren sesaat. Ide dalam menciptakan desain atau model pakaian dari gambar maupun bentuk bisa didapatkan ketika bisa melihat keebutuhan orang yang masih belum bisa dipenuhi oleh para kompetitor lainnya.

Makanan – Berbagai produk makanan dan minuman biasanya menjadi kebutuhan yang banyak dicari orang ketika akan masuk pada suatu perayaan. Bisnis makanan kecil ini tidak saja dijalankan oleh pelaku usaha kecil menengah tetapi juga pelaku bisnis menengah keatas dengan kemasan produk yang menarik tentunya. Walaupun sudah terlalu banyak pesaing dalam bisnis makanan kecil tetap masih ada peluang yang bisa diambil. Jika tidak bisa menciptakan produk baru sebaiknya lebih difokuskan pada pemasaran. Bergerilya sebelum puncak acara perayaan jauh-jauh hari sudah merupakan salah satu poin keuntungan tersendiri. Selain itu juga bisa menangkap keinginan-keinginan pasar tentang produk makanan atau minuman yang dibutuhkan.

Pemandu Wisata – Ini salah satu bisnis jasa yang seringkali dibutuhkan ketika liburan sekolah tiba. Walaupun setiap kota mempunyai komunitas pemandu wisata pada kenyataannya mereka seringkali kekurangan tenaga ketika musim liburan sekolah tiba. Jika anda mempunyai wawasan luas serta berkomunikasi dengan baik dan menarik dengan orang lain usaha sampingan ini bisa menjadi pilihan yang menguntungkan. Kapan lagi bisa bekerja sambil berwisata, dan masih dibayar lagi kan?

Katering – Makanan siap saji juga menjadi peluang usaha sampingan musiman yang dapat menghasilkan keuntungan lebih. Tapi perlu diingat perlu ide dan cara-cara baru untuk memudahkan mendapatkan pembelinya karena usaha jenis ini termasuk sudah terlalu umum. Selain itu inovasi masakan diperlukan serta harga jual yang kompetitif tanpa mengurangi kualitas rasa dari masakan itu sendiri.


7ads6x98y