Usaha Sampingan Bagi Pensiunan


Usaha Sampingan Untuk PensiunanTidak dipungkiri bahwa sebagian orang mempunyai perasaan khawatir saat menjelang masa pensiun, hal itu tidak hanya dialami oleh pegawai negeri sipil saja tetapi juga karyawan swasta. Salah satu penyebabnya adalah merasa kebutuhan hidup sehari-hari akan terganggu jika telah berhenti bekerja dan hanya mengandalkan uang pembayaran pensiun atau simpanan yang dimiliki saat itu. Sebenarnya tidak perlu merasa “galau” karena banyak peluang yang bisa dilakukan jika tenaga dan pikiran masih kuat walau tidak seperti saat masih pada usia produktif.

Bagi pembaca yang kebetulan sedang menunggu masa pensiun seharusnya sudah bisa mengantisipasi dengan berusaha mendapatkan ide peluang usaha yang menguntungkan. Jika anda jeli sebenarnya peluang bisnis itu ada banyak disekitarnya yang bisa dipilih, namun kali ini kami dari InginBisnis.com akan memberikan gambaran usaha yang sekiranya tepat dan tidak menguras tenaga maupun pikiran. Silakan simak baik-baik beberapa tips usaha dibawah ini yang bisa menjadi pertimbangan untuk dieksekusi sebagai suatu bisnis yang menguntungkan.

Peluang Usaha Ternak Unggas
Anda pasti sudah tidak asing dengan unggas seperti ayam, bebek, kalkun, dan sejenisnya. Pemeliharaannya pun tidak begitu sulit asal kandang dan sekitarnya tetap terjaga kebersihannya. Pakan ternak unggas bisa mempergunakan produk buatan sendiri atau produk jadi yang biasanya sudah mengandung vitamin untuk mempercepat pertumbuhan serta menunjang kesehatannya. Penempatan kandang bisa memanfaatkan lahan yang ada dengan konstruksi yang memungkinkan untuk membersihkan tempat itu setiap saat. Kebersihan menjadi faktor utama yang harus diperhatikan terutama jika lokasinya di pemukiman padat penduduk. Kotoran unggas berpotensi menghasilkan bau yang menyengat sehingga perlu dibersihkan secara berkala. Unggas seperti jenis ayam yang kebanyakan banyak dikonsumsi untuk masakan mempunyai nilai jual yang menguntungkan. Apalagi ketika saat lebaran, natal, dan hari-hari besar nasional lainnya harga ayam biasanya naik sehingga keuntungan yang didapat oleh peternak akan berlipat dari biasanya.

Unggas tidak hanya diambil daging maupun telur untuk kebutuhan kuliner tetapi juga sebagai binatang peliharaan. Ada beberapa jenis unggas hias seperti ayam serama, ayam kate, ayam ketawa, ayam bangkok, ayam jambul, ayam kapas, dan masih banyak lagi. Selain sebagai hobi memeliahra ayam hias juga memiliki nilai ekonomis tinggi untuk diperjual belikan karena semakin berkualitas unggas tersebut maka harganya-pun menjadi makin mahal. Ternak seperti ayam hias bisa dikatakan gampang-gampang susah termasuk jika ingin mengembangbiakkan untuk keturunan yang sama dengan indukannya. Kebersihan kandang benar-benar harus dijaga dengan baik untuk meminimalisir penyakit unggas yang berbahaya baik untuk hewan itu sendiri maupun manusianya. Selain memberikan pakan yang mengandung gizi tinggi agar pertumbuhannya baik juga sesekali diikutkan dalam setiap ajang kontes ayam hias. Semakin sering ikut apalagi mendapatkan juara maka ayam tersebut beserta keturunannya memiliki harga jual di pasaran yang tinggi.

Peluang Usaha Ternak Ikan
Selain daging unggas masyarakat juga banyak mengkonsumsi ikan untuk kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu ternak atau budidaya ikan seperti lele, gurame, nila, dan jenis lainnya mempunyai nilai keuntungan besar. Untuk mendapatkan harga jual yang menarik tentunya dalam menjalankan usaha ternak ikan harus memperhatikan banyak hal agar pertumbuhannya baik dan masa panen bisa sesuai dengan perhitungan. Pakan ikan dan tempat pemeliharaannya harus menjadi perhatian lebih karena berpengaruh pada pertumbuhan ikan itu sendiri. Pembuatan kolam untuk budidaya ikan tidak harus dalam bentuk konstruksi permanen. Jika tidak mempunyai lahan yang cukup luas atau tidak memiliki banyak modal penggunaan semi permanen seperti terpal plastik bisa menjadi solusi yang lebih ekonomis. Pemanfaatan kolam ikan bisa dimaksimalkan dengan efisiensi tempat yaitu mengkombinasikan dengan kandang unggas yang ditempakan diatasnya. Dengan cara tersebut maka anda tidak perlu terlalu repot untuk membersihkan kotoran ternak unggas karena akan langsung jatuh ke kolam dan bisa menjadi makanan bagi ikan-ikan itu sendiri.

Peluang Usaha Burung
Burung tidak hanya sebagai biantang peliharaan sebagai bagian dari hobi tetapi juga bisa dimanfaatkan dagingnya untuk berbagai jenis menu makanan. Burung merpati menjadi salah satu pilihan yang menarik karena dunia kuliner dari warung hingga restoran menjadikannya salah satu menu favorit seperti merpati goreng, bakar, hingga menu lainnya. Memelihara burung merpati bisa dikatakan gampang-gampang rumit karena luas kandang disesuaikan dengan jumlah burung itu sendiri. Jika memelihara di dekat pemukiman terhitung padat ada faktor lain yang perlu diperhatikan.

Selain sebagai kebutuhan untuk makanan burung juga sudah lama dipelihara dan menjadi bisnis yang menguntungkan sebagai burung hias. Suara dan warna bulu dari tiap jenis burung peliharaan mempunyai nilai jual yang bervariasi mulai harga puluhan ribu hingga ratusan juta rupiah berdasarkan klasifikasi kualitas. Ada banyak jenis burung peliharaan yang mempunyai kicauan merdu dan bentuk/bulu menarik seperti kenari, plentet, kacer, cucak hijau, murai batu, jalak suren, perkutut, dan masih banyak lagi lainnya. Memilih jenis burung bisa disesuaikan dengan kesenangan/hobi atau tren pasar yang sedang berkembang.

3 peluang bisnis diatas tersebut memang hanya sedikit namun disesuaikan dengan kebiasaan masyarakat umum yang senang dengan unggas, burung, dan ikan. Selain sebagai hobi juga terdapat sisi bisnis menguntungkan jika dikelola dengan baik dan benar agar kesenangannya itu bisa dibiayai dari setiap penjualan serta sebagian sisa keuntungan dapat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kesimpulannya dari topik kali ini adalah walaupun anda telah memasuki masa pensiun tetap gunakan segala kekuatan fisik dan pikiran untuk melakukan aktifitas yang menyenangkan dan juga menguntungkan terutama sisi finansial tetap bisa terpenuhi.