Usaha Sampingan Bagi Pekerja Penuh Waktu


Usaha Sampingan Bagi Pekerja Penuh WaktuSeorang karyawan atau pekerja yang statusnya tetap dengan waktu kerja lebih panjang memang terasa sulit untuk menambah aktifitas lain layaknya pekerja paruh waktu. Salah satu dari aktifitas tambahan yaitu menjalankan usaha sampingan guna menambah penghasilan. Seorang teman yang merupakan salah satu karyawan tetap dari sebuah perusahaan besar pernah mengatakan bahwa dia ingin sekali membuka bisnis sampingan. Tetapi keinginan itu sampai sekarang belum terlaksana karena keterbatasan waktu yang dia miliki sehingga banyak peluang-peluang bisnis terlewatkan begitu saja.

Bagi seorang pekerja penuh waktu dengan jam kerja dari pukul 8 pagi hingga 5 sore merasakan waktu yang tersisa untuk melakukan aktifitas bisnis sampingan tidak ada. Sebenarnya jika punya manajemen waktu yang baik serta pemilihan jenis usaha yang tepat maka keinginan punya bisnis sampinga bisa diwujudkan. Satu pilihan bisnis yang tepat untuk saat ini adalah bisnis online dengan menjual barang milik sendiri atau orang lain serta jasa. Jeli dalam memilih produk yang menarik serta mudah dalam urusan penjualan memang sangat dibutuhkan.

Usaha Sampingan Produk Barang Fisik
Menjalankan bisnis dengan menjual produk barang fisik tidak perlu harus menciptakan sendiri mengingat waktu yang tersedia tidak memungkinkan. Solusi paling tepat adalah menjual produk orang lain yang memang terjamin kualitas serta stok banyak dan bisa dipertanggungjawabkan. Anda bisa mencari produsen atau pemilik produk barang fisik ini di beberapa media forum lokal bahkan internasional yang telah memiliki reputasi baik. Biasanya mereka mencari orang yang bersedia jadi reseller atau pengecer dengan harga dibawah pasaran.

Lakukan survey terhadap pemilik barang serta produk yang dimilikinya untuk mengetahui kualitas layanan serta produk yang ditawarkan itu. Setelah yakin dengan pilihannya kemudian lanjutkan dengan promosi produk secara online dengan memanfaatkan media sosial seperti situs pertemanan dan website pribadi seperti blog. Selain itu juga bisa diterapkan pemasaran konvensional dengan menawarkan pada orang-orang terdekat disekitar anda dimulai dari lingkungan teman kantor.

Usaha Sampingan Produk Jasa Non Fisik
Berbisnis tidak selalu berwujud barang secara fisik tetapi juga bisa menjual keahlian yang dimiliki guna mendapatkan penghasilan tambahan. Setiap orang pasti mempunyai keahlian tersendiri, dan itu bisa dimanfaatkan menjadi sebuah bisnis sampingan yang menjanjikan keuntungan tersendiri secara finansial. Jika tidak memiliki keahlian yang cukup memadai untuk di jual bisa saja memanfaatkan orang lain yang memang punya keahlian dan kualitas baik tetapi bermasalah dengan pemasaran produk jasanya tersebut.

Reseller usaha jasa sebenarnya sudah umum namun tidak mencolok layaknya bisnis dalam dalam bentuk barang, oleh akrena itu manfaatkan keahlian diri sendiri atau orang lain dan promosikan produk jasa itu dengan cara yang mudah dan efektif tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk pemasarannya. Produk jasa ini bisa menggunakan metode pemasaran melalui media online seperti contoh penjualan pada produk barang fisik.

Manajemen Waktu
Dalam satu hari kerja pasti ada waktu isitirahat dengan kisaran waktu umum 1 jam, manfaatkan waktu itu untuk memeriksa pesan masuk dari email entah itu order maupun pertanyaan terhadap produk yang ditawarkan. Asumsi waktu yang dibutuhkan 30 menit untuk merespon semua email masuk yang berkaitan dengan produk bisnisnya tersebut. Kemudian ketika malam hari dirumah luangkan waktu 30-60 menit untuk merespon pesan dari calon pembeli, order pembelian, bahkan optimasi pada promosi.

Nah setelah membaca tips diatas apakah anda masih berpikiran bahwa pekerja penuh waktu tidak memungkinkan untuk menjalankan usaha sampingan? Apapun situasi dan kondisi seseorang ketika ingin untuk melakukan sesuatu yang paling penting adalah manajemen waktu dan konsistensi dalam menjalankan suatu aktifitas. Jika bisa mengelola waktu dengan cerdas maka akan banyak peluang yang bisa dimanfaatkan.


7ads6x98y