Google

Produk Kerajinan Tangan Dari Kertas Koran

Written on:July 8, 2013
Comments are closed

Produk Kerajinan Tangan Dari Kertas KoranKerajinan tangan merupakan pekerjaan yang biasa dilakukan orang-orang pada jaman dulu untuk mengisi waktu luang dengan membuat berbagai bentuk dan kegunaan. Hal tersebut selain untuk memenuhi kebutuhan sendiri sekaligus dijual sebagai usaha sampingan maupun utama guna menambah pundi-pundi penghasilan. Jaman sekarang masih banyak orang yang menggeluti pekerjaan sebagai seorang pengerajin dengan memanfaatkan bahan-bahan yang telah disediakan oleh alam maupun dari barang-barang bekas.

Mengenai kerajinan tangan dari barang bekas kali ini tim penulis dari InginBisnis.com mengulas tentang pemanfaatan kertas koran yang bisa disebut “limbah” menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Koran memiliki “masa aktif” sangat pendek sehingga dalam hitungan jam sudah berubah menjadi barang bekas yang umumnya lebih dimanfaatkan sebagai alat pembungkus saja. Namun inovasi dan ide kreatif bisa mengubah tumpukan-tumpukan kertas koran bekas dari lembaran utuh hingga potongan-potongan ukuran tertentu menjadi barang-barang untuk kebutuhan sehari-hari maupun hiasan.

Salah satu rekan kami telah membuat beberapa produk kerajinan dari kertas koran dengan memanfaatkan waktu luang yang ada. Kotak serba guna, nampan, tatakan gelas, hiasan gong, miniatur mushola, hingga miniatur kereta kencana adalah hasil jadi dari memanfaatkan kertas koran yang sudah lusuh. Pembuatannya sebenarnya tidak begitu sulit, hanya memang perlu ide dan kreatifitas yang selalu dinamis agar bisa menciptakan satu bentuk barang. Mungkin dari beberapa pembaca sudah mengetahui berbagai produk dari kertas bekas terutama dari koran. Kebanyakan prosesnya dengan menggunakan metode anyaman karena “dianggap” teknik yang sederhana dan mudah untuk membentuk menjadi berbagai barang.

Proses Pembuatan
Lembaran kertas koran utuh dipotong menjadi 8 bagian lembaran kecil. Kemudian dari lembaran-lembaran tersebut digulung diusahakan menjadi padat di tengahnya agar kuat jika nantinya dibentuk. Untuk merekatkannya menggunakan lem kayu yang banyak dijual di pasaran dengan mencampurnya dengan air lebih kurang sebanyak 10%. Gulungan-gulungan kecil dari kertas koran tersebut sebaiknya dijemur agar kering dan keras.

Dari batangan gulungan kertas koran tersebut maka bisa dibuat apa saja, biasanya semua gulungan itu saling direkatkan hingga menjadi lembaran. Lembaran-lembaran dari gulungan kertas koran itu ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan. Selebihnya tinggal memotong dan merekatkan satu dengan yang lainnya sehingga terbentuk. Proses pembentukan ini yang diperlukan kesabaran tinggi serta keuletan agar barang kerajinan yang dihasilkan kualitasnya bagus.

Barang yang bisa dibuat tidak hanya dalam bentuk batangan utuh saja, tetapi lembaran kecil atau gulungan koran yang dipipihkan bisa juga menjadi cara dalam menciptakan suatu barang. Anda pasti sudah mengerti jajanan yang pembungkusnya dari daun dengan ukuran memanjang seperti contong. Nah dari teknik tersebut anda bisa menciptakan berbagai produk seperti vas bunga, tempat pensil, kap lampu, hingga bentuk replika/miniatur.

Pemasaran Kerajinan Kertas Koran
Kerajinan Kertas KoranPeluang pemasaran produk-produk kerajinan dari kertas koran ini masih terbuka luas pasarannya sehingga menjadi produk bisnis yang menguntungkan. Keunikan bentuk yang berdasar dari kreatifitas pembuatannya membuat produk kerajinan kertas koran ini memiliki jumlah peminat yang besar. Pemasaran bisa dilakukan sendiri dengan memanfaatkan internet seperti jaringan pertemanan dan website sebagai media promosi dengan jangkauan yang lebih luas dan biaya yang minimalis.

Selain itu aktif dalam setiap acara pameran sebagai salah satu model pemasaran konvensional yang bisa membawa produk kerajinan tersebut lebih dikenal orang. Walaupun media pemasaran modern sangat membantu usaha penjualan namun masyarakat kita masih lebih merasa puas jika bisa melihat dan memegang barang kerajinan tersebut secara langsung. Oleh karena itu manfaatkan setiap acara pameran mulai dari tingkat lokal daerah anda sendiri agar produk kerajinan kertas koran tersebut semakin dikenal orang.

Beberapa pengerajin kertas koran ini penjualannya tidak hanya di pasar lokal Indonesia saja, namun telah berhasil menembus beberapa negara. Banyak dari orang-orang mancanegara yang tertarik dengan produk-produk kerajinan dari Indonesia terutama barang yang dibuat dari kertas koran. Namun perlu dipahami pembeli dari luar negeri memiliki standar tinggi dalam menentukan barang kerajinan tersebut layak dibeli. Beberapa diantaranya adalah unik, kuat, kokoh, dan aman digunakan, ini yang menjadi motivasi agar kerajinan tangan tidak dibuat secara asal-asalan. Kualitas harus menjadi standar agar produk barang kerajinan dari kertas koran ini mendapatkan tempat di pasar domestik maupun internasional.

Sorry, the comment form is closed at this time.

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.