Peluang Usaha Jasa Pemandu Wisata


Peluang Bisnis Jasa Pemandu WisataPariwisata di Indonesia terus berkembang seiring dengan kejenuhan pada tempat-tempat wisata unggulan yang pengembangannya lamban dan cenderung menurun dalam usaha meningkatkan daya jual ke pasar domestik maupun mancanegara. Hal itu membuat semakin banyak temapt-tempat wisata baru dan juga yang belum dikenal mempunyai potensi besar untuk lebih bisa di “eksploitasi” menjadi obyek wisata alternatif.

Dari gambaran nyata diatas bahwa industri pariwisata juga semakin mempunyai peluang untuk bisa lebih memperluas dan meningkatkan jasa layanan wisata kepada para wisatawan domestik maupun asing. Oleh karena itu dibutuhkan orang yang bisa menjadi pemandu secara profesional guna memberikan pilihan tujuan wisata hingga mendampingi selama perjalanan agar para pelancong tersebut bisa lebih menikmati liburan mereka.

Seorang pemandu wisata harus menguasai segala informasi tentang obyek-obyek wisata hingga sekecil-kecilnya karena ini penting agar bisa memberikan saran dan informasi akurat yang menarik bagi wisatawan. Penguasaan bahasa asing menjadi modal utama jika memang orientasinya untuk pemandu wisatawan mancanegara. Komunikasi aktif yang mudah dimengerti sehingga para wisatawan tersebut puas akan menjadi  nilai tambah tersendiri dan bisa berimbas untuk waktu mendatang dapat dipercaya lagi mendampingi mereka ke obyek wisata lainnya.

Jasa pemandu wisata ruang lingkupnya sangat luas sehingga bisa sekaligus menjadi tenaga profesional memasarkan berbagai obyek wisata melalui jaringan internet. Gaya berkomunikasi menarik dan mudah dimengerti akan memudahkan seorang pemandu wisata menawarkan tempat wisata dan itu juga mempunyai efek karambol yaitu jasa mendampingi wisatawan akan otomatis digunakan. Seorang pemandu juga pada waktu tertentu harus meningkatkan pengetahuan dan informasi mengenai obyek-obyek wisata baru yang mempunyai potensi tinggi sebagai tujuan alternatif. Semakin banyak pengetahuan tentang dunia pariwisata maka reputasinya akan diakui dan banyak orang akan memakai jasanya tersebut

Untuk pangsa pasar wisatawan domestik pada waktu-waktu tertentu biasanya terjadi booming musiman yang membuat kebutuhan pemandu perjalanan wisata ini melonjak sehingga mengalami kekurangan tenaga. Kondisi seperti itu banyak terjadi ketika musim liburan sekolah, libur pada hari-hari besar nasional, dan acara-acara khusus sifatnya outdoor yang diselenggarakan oleh institusi pemerintahan maupun perusahaan swasta. Banyak agen perjalanan wisata juga membutuhkan tenaga pemandu untuk melayani klien-klien mereka karena tenaga dari mereka sendiri sangat terbatas dan kebanyakan freelance.

Bagi anda yang kreatif, energik, dan punya kemampuan lebih seputar dunia pariwisata jasa pemandu perjalanan wisata ini sangat cocok untuk anda jalani. Tidak hanya sebagai suatu bisnis penuh waktu tapi juga paruh waktu yang sifatnya menjadi usaha sampingan yang menguntungkan.