Google

Peluang Usaha Jasa Katering

Written on:October 18, 2012
Comments are closed

Bisnis KateringSaya yakin anda sering pergi ke pesta pernikahan, ulang tahun, pertemuan, dan pada acara-acara sejenisnya. Semua acara tersebut pasti tidak pernah lepas dari namanya hidangan. Hidangan yang disajikan tentu saja bermacam-macam, dari mulai makanan kecil hingga makanan yang bisa mengenyangkan perut anda.

Keperluan hidangan untuk acara-acara kecil maupun besar itu umumnya menggunakan jasa makanan siap saji atau lebih populer dikenal dengan jasa katering. Ada banyak macam layanan yang disediakan oleh jasa katering ini, mulai dari makanan dan minuman saja hingga lengkap beserta peralatan makan dan minum.

Bisnis katering masih mempunyai peluang yang menguntungkan bagi anda yang mungkin sedang memikirkan untuk masuk dalam dunia bisnis dan mengincar jenis usaha makanan siap saji. Sebelum memulai bisnis katering sebaiknya anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya seperti target konsumen yang menjadi incaran. Ini perlu menjadi bahan pertimbangan berdasarkan analisa pasar untuk menyeimbangkan dengan kebutuhan modal awal serta kebutuhan non finansial seperti kemampuan dan keahlian.

Memilih Target Konsumen
Anda bisa memilih dua target pasar untuk memulai usaha kuliner ini yaitu acara pribadi seperti pernikahan, ulang tahun, pertemuan, dan lain-lain yang acara itu sudah menjadi hal umum dilakukan oleh masyarakat kita. target kedua adalah untuk kelompok konsumen yang lebih besar yaitu perusahaan. Biasanya target konsumen dari perusahaan menggunakan sistem kontrak berjangka dan keperluannya sangat luas mulai dari kebutuhan makan karyawan pabrik hingga acara-acara internal bisnis perusahaan tersebut.

Pemilihan target ini penting untuk awal bisnis, karena pertimbangannya anda adalah seorang pemain baru di bidang jasa katering dan masih harus menjajaki serta menganalisa pasar serta kekuatan anda selama proses menjalankan katering.

Pengetahuan dan Pengalaman Adalah Modal Utama
Pengetahuan tentang kuliner juga memerlukan perhatian utama, ini menyangkut profesionalisme dalam membuat bermacam-macam jenis makanan dan minuman untuk tiap acara yang berbeda seperti yang diinginkan oleh konsumen. Walaupun anda tidak diharuskan untuk mengerti secara mutlak mengenai kuliner tapi setidaknya sebagai pemilik usaha anda harus memahaminya. Pemahaman mengenai kuliner berguna ketika memutuskan dalam memilih menu yang sesuai dengan acara, selebihnya karyawan anda yang mengerjakan berdasarkan kemampuan yang mereka miliki.

Selera dan rasa dari produk katering anda bisa menjadikan usaha itu sukses dan dikenal orang banyak bahkan bisa juga membuat anda jatuh dengan cepat dengan meninggalkan banyak kesan negatif di kalangan orangbanyak. Oleh karena itu dalam menciptakan produk makanan dan minuman yang akan disajikan harus memang sudah memenuhi kriteria yang diinginkan oleh pemesan.

Penyajian Hidangan KateringSelain itu penyajian juga menjadi pelayanan penting dalam menghidangkan makanan dan minuman tersebut. Kemasan pembungkus dan penataan beberapa menu makanan dalam satu tempat harus tepat dan benar.

Sedangkan untuk hidangan yang perlu disajikan diatas meja penting untuk memperhatikan teknik presentasi yang memenuhi unsur seni dan estetika kuliner.

Anda tidak mungkin menghadirkan hidangan yang harus disantap di meja makan dengan menggunakan kotak makanan, atau menyanjikan dengan penempatan yang asal-asalan hingga selain dilihat oleh mata kurang sesuai juga mungkin dalam mengambil beberapa menu menjadi sebuah pekerjaan yang merepotkan bagi tamu yang ingin menyantapnya.

Keahlian dalam mejalankan usah katering memungkinkan anda untuk secara profesional menghasilkan menu dan pelayanan yang memuaskan pengguna jasa anda. Selain itu juga dapat mengantarkan bisnis katering andatersebut meraih sukses dengan menghasilkan keuntungan besar.

Seperti halnya bisnis pada umumnya pasti tidak lepas dari kebutuhan mengenai biaya. Semakin keahlian dan pengalaman anda miliki maka semakin bisa mengatur keperluan terhadap biaya yang harus dikeluarkan juga menghindari pemborosan keuangan akibat terlalu sering melakukan kesalahan.

Bisnis katering ini mempunyai kompetisi atau persaingan yang ketat antar pelaku usaha katering lainnya. Jika anda terlalu sering membuat kesalahan atau malas membuat suatu bentuk inovasi untuk mengembangkan bisnis maka anda termasuk usahawan yang nanggung. Bisnis katering sama dengan bisnis di bidang lain, yaitu perlu belajar dan belajar. Mempelajari bisnis katering ini tidak semata dari kegagalan, tapi juga keberhasilan yang telah anda dapatkan. Pesaing anda diluar sana juga pasti mempelajari untuk terus bisa mengembangkan usahanya, makanya itu katering termasuk usaha yang punya tingkat persaingan tinggi.

Persiapkan Segalanya Dengan Maksimal
Baiklah sekarang kita bahas secara detail bisnis katering ini, yang perlu anda persiapkan adalah tempat yang aman dan nyaman untuk bekerja selama proses pembuatan menu makanan serta lingkungan yang sehat. Andatidak mungkin membuat tempat produksi misalnya didekat kandang sapi atau tempat lain yang tidak memenuhi kelayakan kesehatan.

Bangunan harus dibuat dengan ventilasi yang mencukupi, sirkulasi udara yang cukup akan membuat karyawan nyaman serta aman dari resiko kecelakaan yang bisa ditimbulkan dari pemakaian perlatan produksi seperti listrik dan bahan bakar gas.

Tempat penyimpanan bahan-bahan makanan dan minuman yang mencukupi dan steril. Keawetan bahan makanan tergantung dari layak atau tidaknya tempat untuk menyimpannya. Seperti halnya lemari pendingin, ukuran tempat harus menyesuaikan pada seberapa banyak bahan makanan yang harus disimpan disana.

Mengolah MasakanSelama mengolah makanan seharusnya menggunakan alat bantu yang tidak menyebabkan bahan-bahan makanan yang akan diolah terkontaminasi. Mungkin tidak semua perusahaan katering mewajibkan karyawan untuk menggunakan pakaian khusus yang steril dan bersih, padahal ini penting agar makanan tetap higienis hingga saat dikonsumsi.

Penggunaan peralatan produksi harus terjaga kebersihannya baik itu sewaktu tidak dipakai maupun saat dipergunakan. Ini menyangkut resiko kesehatan bagi orang yang mengkonsumsi makanan yang diolah tersebut. Sisa-sisa bahan pembuatan makanan dan minuman yang masih menempel pada peralatan walaupun sedikit akan beresiko mengakibatkan timbulnya bakteri-bakteri dari pembusukan.

Kesimpulannya kebersihan adalah mutlak untuk bisnis katering ini, segala resiko yang berdampak buruk bisa menyebabkan usaha anda jatuh. Masukan dalam pikiran anda bahwa produk yang anda buat itu juga di konsumsi oleh anda sendiri dan orang-orang kesayangan anda, maka tidak mungkin untuk memberikan makanan yang tidak sehat untuk dikonsumsi.

Menggunakan tenaga orang lain sebagai karyawan juga ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Keahlian, pengalaman, dan tanggungjawab harus dimiliki oleh orang-orang yang anda rekrut karena tiga hal itu yang bisa menjadikan bisnis katering anda bisa berjalan dengan semestinya.

Menganalisa Pasar
Melakukan riset sebelum dan selama menjalani bisnis katering perlu dilakukan guna mengetahui potensi produk yang di inginkan oleh pembeli. Riset ini bisa anda lakukan dengan sederhana tanpa harus melakukannya dengan rumit. Manfaatkan ketika katering anda digunakan pada suatu acara, disana anda bisa melakukan interaksi dengan beberapa tamu undangan yang diantaranya mendengarkan respon mereka setelah menyatap hidangan yang disajikan disana.

Mencari tahu pendapat orang yang menyantap hidangan hasil buatan anda bisa seperti layaknya detektif. Seperti yang saya tahu ada satu perusahaan katering disini pemiliknya selalu menyamar menjadi tamu undangan dan berkomunikasi dengan para tamu lainnya untuk mendengarkan secara langsung pendapat mereka mengenai menu-menu makanan yang disajikan pada acara tersebut.

Selain itu juga ketika anda menghadiri undangan acara di tempat lain lihat dan perhatikan bagaimana pesaing anda dalam menyediakan menu serta pelayanannya. Itu penting menjadi bahan analisa anda terhadap jasa katering anda sendiri sehingga menemukan ide-ide baru untuk menyenangkan dan memuaskan konsumen yang akan memanfaatkan jasa katering anda.

Melakukan riset tidak hanya secara fisik saja, anda bisa melakukannya dengan melakukan “studi banding” dengan perusahaan katering lain dengan memanfaatkan internet. Banyak sekali ide dan inovasi yang dilakukan perusahaan katering lokal maupun internasional guna mempertahankan eksistensi bisnisnya tersebut. Itu bisa menjadi bahan masukkan bagi anda dengan mengambil beberapa hal yang bisa anda terapkan pada jasa anda sendiri.

Biaya Operasional Katering
Biaya yang perlu anda keluarkan mulai dari modal hingga operasional rutin merupakan bagian yang perlu menjadi perhatian tersendiri. Modal usaha yang anda keluarkan bisa menjadi acuan seberapa anda mampu memenuhi target pesanan. Peralatan masak yang menjadi kebutuhan vital dalam operasional katering harus memperhatikan faktor kualitas dan masa pemakaian. Anda bisa saja membeli peralatan yang murah tetapi hal itu akan membuat biaya menjadi makin besar karena keawetan peralatan itu umurnya pendek. Oleh karena itu berfikirlah jauh kedepan bahwa anda membeli semua peralatan tersebut bisa digunakan secara aman dan umurnya awet.

Perhitungan mengenai pembiayaan dalam memenuhi segala kebutuhan memasak, transportasi, dan peralatan penyajian tergantung dari masing-masing daerah. Satu daerah dengan daerah lain tidak sama harga barang yang akan dibeli dan juga tergantung dari kebutuhan yang akan anda penuhi. Jadi standarisasi kebutuhan katering tergantung dari harga daerah setempat dan keperluan.

Keuntungan Dari Usaha Katering
Anda menjalankan suatu bisnis pasti target utama adalah keuntungan, dan keuntungan itu sendiri bisa diperoleh tergantung dari tingkat kepercayaan orang-orang dalam memanfaatkan jasa jatering anda. Jumlah pesanan berimbas pada jumlah keuntungan yang didapat. Pesanan tersebut bisa didapatkan secara langsung maupun tak langsung. Pemesanan langsung membuthkan citra positif dari layanan anda di mata orang banyak sehingga mereka datang ke tempat anda dan memesan berdasarkan keinginan mereka. Pemesanan tak langsung biasanya datang dari pihak lain yang mereferensikan jasa anda layak dipakai.

Dalam dunia hiburan sudah biasa masing-masing penjual jasa menggunakan jasa orang lain sebagai usaha  efisiensi waktu, tenaga, dan biaya. Ini biasa dikenal dengan sub order, misalnya pihak pengantin menyerahkan semua penataan kegiatan acara pernikahan pada satu pengelola acara (event organizer) maka pihak EO akan mencari rekanan-rekanan yang dibutuhkan guna memenuhi pesanan tersebut yang salah satunya jasa katering.

Melihat fenomena tersebut anda harus memperbanyak serta memperluas jaringan relasi dan rekanan dari para penyedia jasa lain bahkan komptetitor anda bisa menjadi rekanan walaupun itu masih kurang lazim untuk dunia bisnis katering. Karena biasanya masing-masing penjual jasa katering akan membawa “bendera”nya masing-masing serta sudah mempunyai ciri khas sendiri atau bisa juga menghindari kesan buruk jika sewaktu-waktu terjadi kesalahan fatal ketika menggunakan jasa katering lain.

Tips Pemasaran Jasa Katering
Pemasaran yang tepat dan etis bisa menjadi kunci sukses bisnis seseorang, maka anda perlu memanfaatkan segala peluang dalam usaha memperkenalkan usaha katering anda itu pada orang lain. Mulai dari kemasan, kartu nama, iklan, dan pemasaran konvensional lainnya bisa anda gunakan. Selain itu untuk memperluas  jangkauan marketing manfaatkan media internet. Buatlah website yang minimalis dan menarik agar orang penasaran dan berusaha mencari tahu mengenai usaha katering anda. Penggunaan website sebagai sarana pemasaran juga termasuk dalam efisiensi anggaran bisnis.

Sorry, the comment form is closed at this time.

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.