Google

Peluang Usaha Buku Bekas

Written on:February 19, 2013
Comments are closed

Peluang Usaha Buku BekasBuku adalah sumber pengetahuan, ungkapan umum tersebut memang benar karena kebutuhan orang terhadap buku dengan berbagai topik tulisan terus ada baik cetakan baru maupun bekas. Buku bisa didapatkan di banyak toko buku yang tersebar di berbagai tempat hingga online. Kali ini Kami dari InginBisnis.com akan membahas peluang bisnis dari buku bekas. Sebagian dari pembaca pasti sudah mengenal kios-kios tempat menjual banyak buku-buku bekas dengan jumlah yang fantastis, selain itu juga ada majalah bekas hingga koran bekas yang perjualbelikan.

Sisi lain dari dunia membaca adalah minat baca buku masyarakat Indonesia terhitung masih rendah dibandingkan negara-negara lain, tetapi permasalahan klasik utama disini adalah mahalnya harga buku yang mahal membuat minat baca pada buku menjadi berkurang. Selain itu seiring perkembangan teknologi informasi saat ini buku banyak dijual secara online dengan format digital.

Meskipun teknologi sudah bisa menggantikan buku fisik tetapi minat untuk membaca buku cetak masih ada dan punya pangsa pasarnya sendiri. Buku-buku bekas akhirnya menjadi alternatif pilihan karena harganya terjangkau dan rata-rata dalam kondisi masih bagus. Jika anda tertarik dengan usaha buku bekas sebenarnya bisa mendapatkan banyak buku apapun jenisnya dengan model kiloan karena buku bekas termasuk sebagai “sampah” yang nantinya didaur ulang hingga menjadi produk jenis lain. Membeli buku bekas model karungan/kiloan lebih murah dibandingkan dengan yang satuan walaupun dalam satu karung anda tidak bisa memilih jenis buku yang diinginkan.

Setelah anda mendapatkan buku-buku bekas yang diperoleh dari berbagai tempat dan cara selanjutnya tahap penyortiran dengan memilah dan mengelompokkan buku tersebut berdasarkan kondisi dan isi tulisannya sehingga akan lebih mudah para pembeli buku nantinya memilih. Untuk buku-buku yang kondisinya tidak bagus anda bisa lakukan perbaikan/restorasi seperti perekatan kembali lembar-lembar halaman dari buku yang lepas, mengganti sampul buku yang rusak parah, dan masih banyak lagi agar nantinya buku tersebut bisa dijual dengan kondisi lengkap dan layak untuk dibaca.

Setelah proses penyortiran maka buku-buku tersebut bisa langsung ditawarkan kepada para calon-calon pembeli. Namun perlu diingat bahwa anda juga harus memanfaatkan waktu secara efektif dan jangkauan yang luas dalam usaha memasarkan buku-buku bekas tersebut. Gunakan internet sebagai media penjualan anda dengan memanfaatkan media sosial maupun website/blog. Jarang sekali menemukan para penjual buku bekas yang menawarkan melalui internet, oleh karena itu cara jual online menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan.

Tidak hanya sebatas menjual buku bekas tetapi anda juga bisa membuat suatu peluang bisnis lainnya yaitu jasa perawatan dan perbaikan buku. Bahkan tidak hanya buku saja tetapi bentuk-bentuk dokumen lain bisa dikerjakan seperti halnya yang dilakukan oleh lembaga arsip nasional yang melakukan perawatan dan perbaikan berbagai buku maupun lembaran dokumen dengan teknik-teknik sederhana hingga berteknologi tinggi. Ini ide yang luar biasa dan belum banyak orang mengerjakan itu.

Nah setelah anda membaca tulisan diatas apakah mulai tertarik untuk menjalankan bisnis buku bekas? Kami menyarankan jika adalah seorang yang kreatif dan ulet sebaiknya peluang usaha buku bekas jadikan sebagai pilihan utama yang harus dijalankan. Siapa cepat memanfaatkan peluang maka sukses akan semakin cepat mendatangi anda. Salam Bisnis!

Sorry, the comment form is closed at this time.

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.