Ikut Untung Tanpa Jual Batu Akik


Akik mendadak jadi booming pada pertengahan tahun 2014 lalu dan menjadi buruan penghobi, kolektor, hingga yang hanya ikut-ikutan saja. Batuan alam lokal, luar negeri, hingga antah berantah laku keras di panggung per-akik-an saat ini dari harga kisaran puluhan ribu hingga ratusan juta rupiah.

Situasi diatas menjadi sebuah celah peluang bisnis yang menguntungkan dengan jual beli batu akik. Pada awal “naik daun” akik dijual dalam bentuk yang sudah polesan jadi. Sekarang batu akik yang masih bongkahan juga ikut menjadi fenomena tambahan yang meramaikan dunia perbatuan.

Tulisan kali ini tidak akan membahas soal jual beli batu akik jadi maupun masih mentah dalam bentuk bongkahan, tetapi lebih ke peluang baru lain yang bisa dimanfaatkan. Peluang usaha menguntungkan yang masih berkaitan dengan batu akik adalah;

Jasa Poles Asah Batu Akik
Peminat batu akik saat ini sudah mulai bergeser dari beli jadi ke membuat sendiri dengan polesan yang sesuai dengan keinginan. Bongkahan-bongkahan batu akik mentah menjadi primadona baru bagi kalangan penggemarnya untuk diburu.

Pekerjaan memoles atau mengasah batu akik sesuai dengan yang diinginkan bisa menjadi usaha sampingan yang cukup menguntungkan dan bisa dikerjakan pada waktu-waktu senggang sekalipun. Jasa ini bisa menghasilkan pendapatan 20.000-25.000 untuki setiap pengerjaan. Waktu yang dibutuhkan juga tidak terlalu lama dan alat yang digunakan bisa minimalis karena hanya dibutuhkan mesin asah yang jenisnya ada banyak.

Alat Asah Batu Akik

Senter Batu Akik
Alat diatas merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap penggemar batu akik untuk melihat kualitas barang. Senter untuk keperluan ini hanya diperlukan untuk melihat pendaran cahaya pada batu tersebut. Senter ini ukurannya kecil dan mudah dibawa kemana-mana dengan hanya dimasukkan ke saku baju atau celana. Dengan harga yang tidak mahal Anda dapat mendapatkan keuntungan yang lumayan dengan menjual senter khusus untuk batu akik.

Senter Batu Akik

Alat Uji Batu Akik
Alat ukur untuk mengetes kualitas batu ini biasanya sering digunakan pada batu mulia seperti berlian. Namun sekarang ini alat tersebut bisa digunakan untuk menguji apakah batu yang diinginkannya tersebut asli dan memiliki kualitas atau bahkan palsu. Alat tersebut sangat berguna bagi orang-orang awam yang memang sedang belajar menggeluti dunia batu akik agar tidak tertipu oleh penjual nakal.

Alat Ukur Batu Akik

3 peluang bisnis sampingan yang bisa dikerjakan pada waktu senggang diatas dapat dijalankan pada saat booming batu akik seperti waktu sekarang ini. Keuntungan yang bisa didapatkan bisa mencapai nominal yang fantastis. Oleh sebab itu gunakan kesempatan dimana ketika pasar sedang terjadi tren secara baik sebelum tenggelam seperti halnya tanaman anthurium pada beberapa waktu lampau.