Bisnis Barang Antik


Walaupun setiap orang yang sudah mempunyai pekerjaan tetap atau serabutan tetap mempunyai banyak ide dan kreatifitas untuk selalu berusaha mencari peluang bisnis baru. Peluang usaha bisa didapat secara tak sengaja maupun harus dengan bersusah payah mencarinya. Satu hal yang termudah dan tidak membebani pikiran adalah mendapatkan peluang bisnis yang menguntungkan melalui hobi, bakat, kesenangan yang dimiliki atau yang ada disekitar dan tidak pernah dianggap atau terlintas sebelumnya. Salah satu usaha yang menarik dan bisa dikerjakan dengan santai adalah hobi mengumpulkan barang antik dan kuno.

Bagaimana untuk memulainya?
Jangan pernah berpikiran untuk mendapatkan barang-barang kuno/antik harus dengan cara yang aneh-aneh, banyak diburu orang, dan menjanjikan keuntungan besar jika berhasil menjualnya. Mulailah dengan mengumpulkan barang yang sederhana misalnya, seterika arang. Kok hanya satu contohnya? Disini saya tidak memberikan contoh-contoh barang lainnya agar anda bisa kreatif untuk menemukan barang-barang kuno yang mempunyai nilai historis yang berpengaruh terhadap harga jual.

Radio Kuno Antik

Radio Kuno Antik

Apakah harus punya modal banyak?
Jangan terlalu meyakini dan tersugesti bahwa bermain dengan barang antik/kuno itu identik harus punya modal besar. Anda bisa mendapatkan barang bekas walaupun dengan modal kecil dan harga yang murah bahkan ada kemungkinan gratis. Hal itu tergantung dari kepiawaian serta usaha dalam mendapatkan barang yang diinginkan. Gratis? Murah? Ya benar, karena hampir kebanyakan orang tidak peduli dengan barang-barang yang sudah uzur, kuno, ketinggalan jaman, rusak, dan biasanya hanya menjadi sampah.

Barang-barang yang telah didapatkan juga perlu perawatan hingga perbaikan, karena selain secara fisik koleksi anda itu tak terawat juga dalam kondisi rusak. Disinilah kesabaran anda diuji, karena dalam perbaikan atau perawatan tidak semua suku cadangnya bisa dengan mudah didapat di pasaran. Anda bahkan bisa menghabiskan waktu hingga bertahun-tahun untuk mendapatkan suku cadang yang dibutuhkan.

Peluang Bisnis Barang Antik

Bagaimana menjual barang-barang itu?
Barang antik/kuno juga termasuk investasi jangka panjang, anda bisa melepas (menjual) koleksi-koleksi anda dengan harga tinggi. Semakin langka barang antik yang dipasaran, semakin tinggi pula nilai jualnya. Anda bisa memasang koleksi-koleksi tersebut untuk ditawarkan dengan menggunakan media internet. website dan situs jejaring sosial merupakan media pemasaran online yang sangat bagus. Selain murah informasinya tidak ada batas ruang dan waktu, hal ini yang memungkinkan banyak orang mengetahui barang-barang antik/kuno anda.

Apakah bisnis barang antik/kuno beresiko?
Semua bisnis pasti mengandung resiko, anda berbisnis barang antik/kuno juga rentan mendapatkan barang palsu jika tidak jeli membelinya. Selain itu sebisa mungkin menghindari jasa makelar untuk menawarkan barang anda dengan iming-iming atau janji barang tersebut bisa terjual cepat dengan harga tinggi karena sudah anda pembeli yang siap membeli dengan harga tinggi.


7ads6x98y